Jumat, 27 April 2012

KISAH CINTA SEGITIGA


Pernakah kita mendengarkan kisah antara Burma - Pakhoy dan  Bangkok ?

Simak kisah cinta mereka dalam artikel saya kali ini ….

 
Burma ( Pama ) siapa pun saya yakin pasti akan paham akan sifat , perilaku , ciri khas trah ini . Namun kalau belum paham betul akan trah ini dipersilahkan untuk membaca artikel saya di link berikut ini http://www.surabaya-saigon.blogspot.com/2012/03/ayam-aduan-terkini-update-2012.html. Sebagai ayam aduan yang memang spesialis menggunakan jalu trah ini sukses besar membuat para pemain merasa was was ketika berurusan dengan tajamnya jalu Trah Burma.

Kalau kita amati teknik ayam BK sangat bervariasi namun sebagian besar ayam BK saat menyerang posisi kepala tinggi diatas . Hal ini efektif saat digunakan untuk pertarungan sesama BK atau beberapa trah yang lain . Namun saat bertemu trah Burma ini sangat tidak menguntungkan karena kan menjadi sasaran empuk tembakan jitu trah Burma .Apalagi ukuran ayam BK yang rata rata besar disertai tulangan yang tebal membuat trah ini kurang lincah pergerakannya dan jarang ada yang memiliki pukulan pranggal / timpuk saat ada jarak . Sehingga trah burma sangat sangat diuntungkan oleh ciri khas ayam BK. 

Berangkat dari perasaan was was para pemain terhadap akurasi jalu trah Burma yang begitu tinggi , para peternakpun berpikir keras untuk menyelidiki kelemahan ayam ini , untuk segera dicari penangkalnya. Ayam Burma memiliki kelemahan antara lain :
Ø Walau tulangan kasar namun tergolong tipis
Ø Walau menggunakan senjata utama jalu namun burma paling tidak tahan kalau terkena jalu apalagi bagian matanya .
Ø Karena tulangan tipis burma tidak kuat menerima pukulan terutama yang ke arah badan.

Setelah diketahui persis kelemahannya maka terciptalah Trah Pakhoy yang sebenarnya dikembangkan dari Malaysia .Konon kabarnya trah ini percampuran antara Burma + BK + Saigon + Brazil namun hal ini juga masih misteri apakah benar demikian adanya ? Namun yang pasti didalam trah Pakhoy mengalir darah ayam pribumi Malaysia yaitu Malaysian khoy ayam Khoy memiliki ciri Mau pengang punggung ( petik bulu ) , dan sangat tahan sakit terhadap luka jalu . di Malaysia ayam Khoy memang digunakan untu pertarungan Taji pasangan . Trah Pakhoy saat ini tidak meninggalkan ciri khas Burma namun juga memiliki ciri khas Trah Khoy , perpaduan gaya Burma dan khoy ini sanggup menjinakkan trah Burma yang masih Ori . 

Trah Pakhoy juga bervariasi gayanya agar tidak bisa di pranggal / timpuk trah Burma . Namun secara garis besar trah pakhoy saat menyerang maju posisi kepala selalu rendah agar lolos dari pranggal / timpuk trah Burma. Saat posisi dekat langsung ambil apa aja terutama punggung lalu pukul badan (brakot / pacul / ketip bulu) . Kalau terpaksa ada jarak trah Pakhoy juga sanggup melakukan pukulan pranggal / timpuk ala Burma ori dengan akurasi yang juga tidak kalah jitunya . Teknik ini ampuh untuk mengimbangi trah Burma ditunjang trah Pakhoy memiliki daya tahan terhadap rasa sakit akibat luka jalu yang lebih mumpuni dibanding ayam Burma .

                Namun apa jadinya saat Pakhoy betermu dengan BK dengan langkah yang efektif dengan tengok yang aktif serta paruh yang tempel pukul ? Tentu bisa kita tebak jawabannya tentu Trah Pakhoy bakal kalang kabut menghadapi nya . Apalagi trah Pakhoy punya basic serangan rendah “terkesan” Ngewer , ngoyor , jualan kue . Tentu cirri khas ini sangat menguntungkan ayam BK yang memang rata rata suka makan “kue” , alhasil ayam pakhoy bakal kepecel solah ( Tdk bs atasi teknik ) saat berhadapan dengan ayam BK yang semacam ini .
Lingkaran Setan :
“BK Dikalahkan Burma , Burma Dikalahkan Pakhoy , Pakhoy Dikalahkan BK “

Semua ulasan ini hanyalah teori diatas kertas , terkadang teori bisa selaras dengan kenyataan dilapangan terkadang pula teori tidak selaras dengan kenyataan dilapangan. Saya pun berkali kalai menghadapi trah Burma menggunakan trah Saigon hasilnya juga selalu sukses besar walau hanya via abar bareng sesama penghobi ataupun via Kontes ( Maklum saya bukan pemain ) . Banyak faktor yang bisa pengaruhi ketidak sesuaian antara teori dan praktek . 

Saya berharap  tulisan saya ini bisa dijadikan bahan pertimbangan saat hendak membeli ayam sehingga tidak kecewa dikemudian hari . suatu contoh mau kalahkan ayam BK kok pakai Pakhoy ini kan ya salah alamat namanya karena Pakhoy memang tidak diperuntukkan vs ayam BK(secara teori) . Banyak yang bilang paham tentang ayam namun masih banyak pula yang salah alamat semacam ini . Pahami dulu sejarah suatu trah , ciri fisik , karakter tarung trah secara umum ,  maksud dan tujuan trah ini diciptakan . Setelah semuanya jelas baru lah kita bisa membeli , jadi janganlah beli karena trend belaka karena bagus bagi saya belum tentu bagus menurut teman kita . Saya pun juga begitu ayam yang saya kembangkan adalah ayam yang terbaik menurut versi saya , kembalikan semua ke hati nurani kita jangan terjebak dalam trend semata karena semua itu hanyalah produk bisnis semata  .

Salam  Hormat dari Kami 

Waffen SS Farm ( Abu Aslam / Aptanto ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar