Rabu, 11 April 2012

PRINSIP DASAR RAWAT DAN LATIH

Agar didalam merawat ayam lebih baik dan terarah marilah kita pelajari bersama Prinsip Dasar Rawat Dan Latih Yang Baik Dan Benar .


Tujuan perawatan dan latihan : Meningkatkan kualitas otot, mental, stamina dan tenaga. Perawatan dan latihan dilakukan mulai tetas telur hingga dewasa, tentunya bentuk perawatan dan latihan akan berbeda di setiap tingkatan umur.

Otot (Otot Kerangka/Otot Lurik) adalah alat gerak aktif melalui aktivitas otot yang sering berkontraksi dan berelaksasi sehingga mengakibatkan pergerakan tubuh. Tahukah Anda di mana letak otot kita? Daging itulah sebenarnya yang disebut otot. Jika Anda makan daging, maka akan kita temukan bagian-bagian yang berserat-serat memanjang, seperti untaian benang, tersusun rapat, dan saling berhubungan. Demikianlah susunan otot tubuh. Kali ini saya tidak akan membahas Otot Polos yang berkerja diluar kesadaran seperti yang terdapat pada organ  dalam seperti usus , ginjal dll maupun Otot Jantung yang hanya terdapat pada Jantung jadi hanya saya batasi pada Otot Lurik yang erat kaitannya dengan mekanisme gerak tubuh .
Mental adalah Sifat yang dimiliki suatu individu untuk tetap teguh didalam bersikap. Mental sangat dipengaruhi oleh sifat genetis dan lingkungan tumbuh kembang keduanya memegang peranan sama pentingnya . Contoh : Seekor ayam dengan darah jawara bisa menjadi seekor pecundang ketika dewasa manakala sejak kecil ayam tersebut selalu disakiti dan dikejar kejaar ayam lain yang lebih tua .

Stamina adalah Daya tahan untuk 'bekerja' dalam satuan waktu . Namun Kebanyakan orang menyebutnya "napas". Tapi tidak sebenarnya “ nafas “ tidaklah sama dengan stamina .  Semakin bagus stamina seekor ayam semakin lama sang ayam bisa 'bekerja' sehingga otomatis nafas tidak ngos ngosan , namun semakin jelek stamina seekor ayam semakin cepat ayam kelelahan sehingga otomatis nafas terlihat ngos ngosan. 

Tenaga adalah Power yang bisa dihasilkan dari hasil kontraksi otot. 

Ilustrasi hubungan Tenaga dan Stamina :

Andi kuat mengangkat beban 125kg sedangkan Budi kuat mengangkat beban 100kg
Andi sanggup mengangat beban 125kg sebanyak 15X sedangkan Budi sanggup mengangkat beban 100kg sebanyak 30X.
Hal ini berarti Andi memiliki memiliki tenaga yang lebih besar daripada Budi namun Budi memiliki stamina yang lebih baik dari pada Andi.

Untuk menghasilkan stamina yang bagus, jalan satu- satunya adalah LATIHAN rutin .

Sementara untuk menghasilkan tenaga, adalah dengan MAKAN yg cukup, VITAMIN/SUPLEMENT, dan ISTIRAHAT.

Tanda ayam kurang tenaga : Sejak awal ronde, pukulan tidak berbobot. Ini artinya ayam kurang makan, vitamin dan istirahat.

Tanda ayam kurang stamina : Di awal ronde pukulan keras. Tapi hanya beberapa menit saja (Relatif). Selanjutnya ayam kehilangan napas dan tenaga. --> Ini artinya ayam kurang latihan.

Mudah mudahan sampai disini bisa kita pahami bersama. Kalau sudah paham, berarti kita sudah bisa mengevaluasi apa kekurangan dari kinerja ayam kita. Apakah kurang tenaga? Atau kurang stamina? Jadi bisa tau bagaimana solusi pemecahannya.

Mohon koreksi dan tambahan apabila dirasa tulisan saya ini masih jauh dr sempurna 
Salam - Abu Aslam ( Aptanto )

Waffen SS Farm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar